Jumat, 26 Agustus 2016

Penyebab Rematik dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rematik dan Cara Mengatasinya - Rematik adalah penyakit yang menyerang persendian dan struktur di sekitarnya. Rematik bisa menyerang bagian kepala sampai kaki. Rematik biasa disebut juga dengan nama arthritis Secara umum penyakit ini ditandai dengan sejumlah gejala, seperti pembengkakan, kemerahan, nyeri di lutut, siku, pergelangan maupun di bagian sendi-sendi lain, gangguan di otot dan tendon. gejala rematik memang cukup luas.
Rematik terdiri dari 150-an jenis. Tetapi ada empat jenis rematik yang paling sering dijumpai di masyarakat kita yaitu osteoarthritis yang disebabkan oleh pengapuran, rematik luar sendi yang menyerang jaringan di luar tulang rawan, rematik peradangan, dan rematik yang disebabkan oleh pengeroposan.
Sekitar 50 persen keluhan nyeri sendi disebabkan oleh pengapuran. Pengapuran berarti menipisnya jaringan tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan persendian,”
Bantalan dalam persendian yang aus itu menyebabkan terjadinya gesekan tulang sehingga menyebabkan nyeri. Pengapuran ini merupakan proses degenerasi yang dimulai pada usia 40 tahun. Kecepatan proses degenerasi berbeda pada tiap-tiap orang.

Penyebab Rematik
Penyebab rematik sendiri belum diketahui secara pasti, akan tetapi menurut berbagai berbagai penelitian medis, rematik di duga diakibatkan oleh berbagai faktor seperti kerentanan genetik, infeksi virus atau perubahan hormon. Perempuan sendiri diduga lebih rentan terkena penyakit rematik dibandingkan laki-laki. Pada wanita yang sudah terkena rematik, kehamilan dan menyusui dapat menyebabkan makin buruknya kondisi penderita rematik.
Jadi ada berbagai macam mitos yang mengatakan mandi malam dalam menyebabkan rematik itu tidak benar. Dan belum ada penelitian yang mengatakan bahwa mandi malam itu dapat menyebabkan rematik. Yang mungkin disini adalah faktor lainnya seperti keadaan tubuh seseorang, dan terjadi peradangan atau pembengkakkan otot.

Cara Mengobati Rematik dengan Obat Tradisional

Adapun obat-obatan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati rematik adalah sebagai berikut :

1. Jahe
Jahe dipercaya dapat membuat tubuh menjadi hangat dan nyaman. Kandungan yang terdapat jahe dan mengurangi resiko pembengkakkan dan peradangan pada otot karena peredaran darah menjadi lancar. Adapun cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan jahe secukupnya. Jahe tersebut kemudian dipotong kecil-kecil kemudian sedikit diremukkan.

Rebus jahe yang sudah diremukkan tersebut dengan menggunakan air 1 gelas dan juga sedikit gula dan jika ada tambahkan sedikit madu murni. Jika sudah matang, minum ramuan tersebut setiap hari hingga rematik menghilang. 

2. Kulit Manggis
Kulit manggis memang mempunyai banyak sekali khasiat mulai dari mencegah kanker, diabetes, dan juga dapat mengobati rematik. Kandungan antioksidan yang tinggi membuat kulit manggis ini sangat ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Termasuk rematik ini salah satunya. Cara menggunakan adalah dengan diiris tipis kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu, masukkan kedalam gelas dan seduh dengan menggunakan air panas. Tunggu sampai air berubah warna, kemudian minum air tersebut setiap hari. Rasanya cukup pahit, jadi anda harus tahan meminumnya. 

3. Lengkuas
Cara mengobati rematik secara alami dengan menggunakan rempah alami memang terkenal cukup efektif dan murah. Cara mengobati rematik dengan menggunakan lengkuas sedikit berbeda dengan menggunakan jahe, karena memerlukan bahan tambahan seperti kuning telur. Anda harus menyiapkan satu butir telur ayam kampung serta lengkuas secukupnya. Haluskan lengkuas dan ambil sarinya saja lantas masukkan kuning telur yang telah disiapkan. Aduk kedua bahan tersebut menjadi satu kemudian diminum secara teratur sampai penyakit rematik yang anda rasakan menghilang. Untuk menambah rasa manis anda bisa menambahkan sedikit madu agar lebih enak untuk diminum. 

4. Kumis Kucing dan Meniran
Obat tradisonal rematik satu ini adalah kumis kucing dan meniran. Kedua tanaman tersebut memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat. Diantaranya adalah kalium, damar, tanin, filatin, hipofilatin dan flavonoid. Selain kandungan tersebut, ternyata kumis kucing juga memiliki kandungan senyawa osthosiphonin glikosida yang berfungsi untuk membuang kelebihan asam urat dalam tubuh (asam urat dan rematik sangat berkaitan). Adapun cara menggunakannya cukup dengan menyiapkan 5 lembar daun kumis kucing dan 5 ranting kecil meniran. Setelah semua bahan tersedia, rebus dengan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Lalu Anda dapat meminum ramuan tersebut 2 kali sehari sampai rasa sakit anda menghilang.

5. Daun Seledri
Cara mengobati rematik yang terakhir adalah dengan memanfaatkan daun seledri. Cara menggunakannya cukup gampang, anda bisa langsung mengkonsumsinya seperti memakan lalapan sayur. Atau dengan  menggunakan cara kedua yaitu dengan mempersiapkan 30-40 lembar daun seledri serta air panas. Cuci daun seledri sampai benar-benar bersih lantas siram dengan menggunakan air panas dan santaplah sebagai lalapan. Atau cukup dengan meminum air rebusan daun seledri secara teratur.

Selain daun seledri, biji seledri pun memiliki khasiat sama, yaitu untuk mengobati rematik. Caranya dengan merebus dua sendok biji seledri di dalam dua liter air dengan api kecil kurang lebih selama 3 jam kemudian angkat dan minumlah air rebusan biji seledri tersebut selagi panas sebanyak 1 gelas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal konsumsi minuman tersebut 3 - 4 kali sehari sampai rematik anda benar-benar hilang. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar